Sabtu, 08 April 2017

Macam Macam Bubur Asal indonesia

"Mengenal makanan khas daerah indonesia"

Indonesia terkenal beraneka ragam makanan khas daerah nya. Yang sampai mendunia, Yaitu sebagai berikut.

1. Bubur Sum-sum. 
Bubur Sum-sum

Bubur sumsum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengan kuah manis (air gula merah). Dibuat dari bahan tepung beras. Makanan ini selain terdapat di Indonesia juga terdapat di Malaysia. Tidak diketahui dengan pasti asal usul makanan tradisional ini dari daerah mana, mengingat kehadirannya cukup luas di seluruh nusantara dan juga negara tetangga Malaysia. Nama bubur sumsum diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang.Bubur sumsum mudah dibuat sendiri di dapur keluarga, namun di beberapa daerah terdapat juga penjual bubur sumsum. 2. Bubur Karuang.
Bubur Karuang
Bubur karuang diambil namanya dari nama burung karuang yang banyak terdapat dikalimantan selatan. Resep bubur karuang mirip dengan bubur candil, sama sama dibuat dari tepung ketan dengan kuah dari santan dan gula merah. Bedanya di bubur khas Banjar ini kita memasak air gula merah bersama santan sedangkan pada bubur candil keduanya diolah terpisah. Sederhana tapi bikin rasanya jadi berbeda yaitu lebih legit. 3. Bubur Gunting.
Bubur Gunting
Bubur gunting bukanlah bubur yang terbuat dari gunting, melainkan hanya sebutan nya saja. untuk makanan khas kalimantan selatan. makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang di campur dengan bumbu bumbu lain nya seperti air kapur sirih dan air daun suji kemudian dibentuk memanjang dan dipotong potong. nah proses pemotongan nya ini lah yang membuatnya di sebut bubur gunting. 4.Bubur Kacang.
Bubur Kacang
Bubur kacang hijau adalah makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan. Dalam versi yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur. Makanan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya. 5. Bubur Ayam.
Bubur ayam

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan.

0 komentar:

Posting Komentar